“Pengaruh Kemandirian Belajar, Perhatian Orang Tua Dan Kecerdasan Majemuk Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Di Sma 6 Padang”
Main Author: | Gusri, Saputra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4408/2/11090179_GUSRI%20SAPUTRA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4408/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4408/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4408/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4408/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar; 2) Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar; 3) Pengaruh kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar; 4) Pengaruh kemandirian belajar, perhatian orang tua, dan kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA 6 Padang .Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA 6 Padang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik probability random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Hasil analisa data menunjukkan bahwa: 1) Kemandirian belajar sangat berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi, diperoleh nilai koefisien sebesar 0,433. Angka ini signifikan karena nilai thitung sebesar 5,003 >ttabel 1,661, berarti Ho ditolakdan Ha diterima. 2) Perhatian orang tua sangat berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi ,diperoleh nilai koefisien sebesar 0,414. Angka ini signifikan karena nilai thitung sebesar 5,628 >ttabel 1,661, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Kecerdasan majemuk sangat berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi, diperoleh nilai koefisien sebesar 0,267. Angka ini signifikan karena nilai thitung sebesar 5,803 >ttabel 1,661, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. 4) kemandirian belajar, perhatian orang tua, dan kecerdasan majemuk secara bersama – sama mempengaruhi hasil belajar ekonomi, diperoleh nilai sebesar 73,94 > F tabel 3,09. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar, perhatian orang tua, dan kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA 6 Padang. Sedangkan berdasarkan pengujian koefisien diperoleh nilai R square sebesar 0,707, artinya sebesar 70,7% perubahan pada variable dependen (hasilbelajar) dapat dijelaskan atau disumbangkan oleh variable independen (kemandirian belajar, perhatian orang tua, dan kecerdasan majemuk), sedangkan sisanya sebesar 29,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini. Peneltian ini menunjukan kemandirian belajar tergolong pada kategori cukup baik, kepada siswa agar dapat meningkatkan tanggung jawab, baik dalam mengerjakan tugas, latihan yang diberikan oleh guru mata pelajaran. Selanjutnya perhatian orang tua sudah tergolong baik, diharapkan kepada orang tua siswa agar dapat membantu orang tua dalam memecahkan masalah, baik itu dalam mengerjakan tugas maupun tentang pelajaran yang tidak dimengerti oleh anak. Baik itu perlengkapan pelajaran maupun waktu untuk menemani anak saat belajar. Selanjutnya kecerdasan majemuk yang tersedia disekolah masih tergolong pada kategori baik, maka dari itu diharapkan kepada sekolah agar lebih memperhatikan terhadap hobi dan minat siswa, dan juga menyediakan alat-alat musik agar bakat siswa dapat terwujud.