Pengaruh Tingkat Intelegensi (IQ), Perhatian Orang Tua dan Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Padang

Main Author: Fevi, Febriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4397/2/11090053%20-%20FEVI%20FEBRIANI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4397/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4397/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4397/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4397/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh tingkat intelegensi (IQ) terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelasXI IPS di SMA Negeri 5 Padang, 2) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Padang, 3) Pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelasXI IPS di SMA Negeri 5 Padang, 4) Pengaruh pengaruh tingkat intelegensi (IQ), perhatian orang tua dan persepsi siswa tentang gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelasXI IPS di SMA Negeri 5 Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif dengan populasi siswa kelas XI IPS diSMAN 5 Padang jumlah 119 orang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan proporsional random sampling dengan jumlah sampel 91 orang. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji likelihood, uji ramsey, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterskedastisitas, uji autokorelasi, uji homogenitas, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 16.0 dan Eviews 6. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara tingkat intelegensi (IQ) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Padang, ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,152 dilihat dari nilai thitung sebesar 2,804> ttabel 1,987, (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Padang, ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,500 dilihat dari nilai thitung sebesar 8,131> ttabel 1,987, (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Padang, ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,190 dilihat dari nilai thitung sebesar 3,107> ttabel 1,987, (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara tingkat intelegensi (IQ), perhatian orang tua dan persepsi siswa tentang gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Padang berdasarkan hasil analisis data Fhitung 99,129> Ftabel 2,32 dan R squere 0,774 atau 77,4% yang artinya sumbangan dari variabel tingkat intelegensi (IQ), perhatian orang tua dan persepsi siswa tentang gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 77,4% sedangkan sisanya sebesar 22,6% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak termaksud dalam penelitian ini.