The Correlation Between Parental Involvement and Students achievement in Learning English at Junior High School 44 Sijunjung in Academic Year 2015/2016
Main Author: | Helmita, Helmita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4392/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4392/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4392/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4392/4/11040211%20HELMITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4392/ |
Daftar Isi:
- Keterlibatan orang tua adalah keikut sertaan orang tua membantu siswa belajar dirumah maupun disekolah. Peneliti menemukan beberapa permasalahan orang tua siswa di SMPN 44 Sijunjung, yaitu masih rendahnya kesadaran orang tua terhadap kebutuhan anaknya disekolah maupun dirumah, kurangnya perhatian orang tua terhadap prestasi anaknya disekolah, kurangnya kerja sama antara orang tua, guru, dan masyarakat untuk meningkatkan prestasi siswa untuk dimasa yang akan datang. Permasalahan keterlibatan orang tua ini mempengaruhi pembelajaran bahasa Inggris, yaitu beberapa siswa banyak nilai nya yang tidak lengkap dan nilainya banyak yang dibawah KKM. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada atau tidak korelasi antara keterlibatan orang tua dan prestasi siswa didalam belajar bahasa Inggris di SMPN 44 Sijunjung. Dengan demikian, peneliti menggunakan penelitian korelasi . Populasi penelitian ini siswa dan orang tua kelas VIII SMPN 44 Sijunjung yang terdiri dari dua kelas yaitu dikelas VIII A dan VIII B pada tahun ajaran 2015/2016. Dalam penentuan sample, peneliti menggunakan teknik sample size. Dalam penelitian ini sampelnya adalah 30 orang. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan angket dan dokumentasi untuk melihat keterlibatan orang tua siswa dan skor nilai untuk melihat pencapaian pembelajaran bahasa Inggris siswa di kelas VIII SMPN 44 Sijunjung. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan Rumus Riduwan, yaitu korelasi Pearson Product Moment. Setelah menganalisa data, peneliti menemukan nilai r- hitung adalah 0.842. Hasil dari r- table adalah 0.374 dengan level significant 0.05 dan degree of freedom (df=n-2). Ini berarti r-hitung lebih tinggi dari pada r-table (0.842 > 0.374), maka hipotesis penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterlibatan orang tua siswa mempengaruhi pencapaian hasil pembelajaran siswa.