Proses Pelaksanaan Belajar Mengajar Di Sekolah Hutan Dusun Ugai Desa Madobag Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai
Main Author: | Deni, Deni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4383/1/12070182%20DENI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4383/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4383/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4383/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4383/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah keadaan siswa di sekolah pedalaman sangat jauh berbeda dengan siswa diperkotaan. Sekolah hutan ini memiliki 26 siswa sudah termasuk orang tua yang buta huruf terdiri dari 4 orang. Seragam yang digunakan hanya memakai kabit (pakaian tradisional Mentawai) setiap hari dipakai oleh semua siswa yang datang kesekolah dengan tujuan mendeskrisikan dan menganalisis secara mendalam tentang proses pelaksanaan belajar mengajar di sekolah hutan Dusun Ugai Desa Madobag Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Penelitian ini mengguanakan teori humanistik, bahwa tujuan belajar untuk memanusiakan manusia, dengan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pemilihan informan purposive, dengan jumlah informan terdiri dari: guru sekolah hutan 3 orang, pengawas sekolah hutan 1 orang, siswa yang berumur usia 5-10 tahun 5 orang, orang tua yang buta huruf 4 orang dan masyarakat yang mengetahui sekolah hutan 3 orang dengan metode pengumpulan data adalah observasi, studi dokumen dan wawancara dengan analisis data yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksaan belajar mengajar di sekolah hutan Dusun Ugai Desa Madobag kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah sebagai berikut: 1) materi yang diajarkan guru sekolah hutan, 2) cara mengajar guru sekolah hutan, 3) media yang digunakan sekolah hutan, 4) kegiatan pembelajaran, 5) kendala-kendala guru sekolah hutan.