Daftar Isi:
  • Membaca adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Dengan membaca peserta didik dapat menambah kosa kata dan juga pengatahuannya. Disamping itu, membaca juga dapat menambah informasi-informasi penting dari berbagai sumber seperti dari buku, majalah, koran dan juga dari internet. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari strategi PQ4R dalam pengajaran Bahasa Inggris khususnya kemampuan membaca. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan menggunakan dua kualifikasi yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan oleh peneliti dengan menggunakan strategi PQ4R dan kelas kontrol menggunakan strategi Questioning Strategy. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Panti Pasaman tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 130 orang yang terdiri dari 5 kelas yaitu VIII1, VIII2, VIII3, VIII4, dan VIII5. Sampel ditentukan dari uji homogenitas dan normalitas, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII3, dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen dari penelitian ini adalah reading test berbentuk narrative dan recount text. Hasil analisis pada penelitian ini diklasifikasikan dalam bentuk narrative dan recount text. Berdasarkan hasil analisis tes, didapatkan rata-rata hasil tes pada kelas eksperimen 63,55 varian 74,5, sedangkan hasil rata-rata kelas kontrol 58,69 varian 79,66. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji t, setelah dilakukan pengujian diperoleh t-hitung 2,31 lebih besar dari t-table 2,00 dengan derajat kebebasan 0,05, maka hipotesis pada penelitian ini diterima sehingga disimpulkan bahwa strategi PQ4R dapat memberikan efek yang baik terhadap hasil Bahasa Inggris khususnya dalam reading (membaca) pada siswa kelas VIII SMP N 2 Panti Pasaman.