Kemampuan Menyimak Dongeng dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VII SMP N 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Nadia, Nadia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/438/1/13080143%20NADIA%20%20%20ok%20flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/438/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/438/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/438/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/438/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan menyimak dongeng siswa kelas VII SMP N 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menyimak dongeng dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 24 orang,. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif. Analisis data yang digunakan adalah analisi rata-rata. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir menyimak dogeng yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual secara keseluruhan termasuk dalam kualifikasi baik dengan rata-rata hitung sebesar 82,29. Dari tes dapat diketahui bahwa; Pertama, kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir menyimak dogeng yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual pada indikator tema dikategorikan baik sekali dengan rata-rata hitung sebesar 87,50. Kedua, kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir menyimak dogeng yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual pada indikator amanat dikategorikan baik dengan rata-rata hitung sebesar 80,21. Ketiga, kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir menyimak dogeng yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual pada indikator alur dikategorikan baik sekali dengan rata-rata hitung sebesar 76,89. Keempat, kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir menyimak dogeng yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual pada indikator tokoh dan penokohan dikategorikan baik dengan rata-rata hitung sebesar 76,89 Kelima, kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir menyimak dogeng yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual pada indikator latar dikategorikan baik dengan rata-rata hitung sebesar 79,17.