Pengaruh Lingkungan Sekolah, Pendapatan Orang Tua dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman
Main Author: | Nelgu, Nengsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4378/1/12090077%20NELGU%20NENGSIH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4378/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4378/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4378/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4378/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman, 2) Pengaruh pendapatan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman, 3) Pengaruh fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman, 4) Pengaruh pengaruh lingkungan sekolah, pendapatan orang tua dan fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif dengan populasi berjumlah 207 orang siswa. Dengan jumlah sampel 136 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Propotional random sampling. Waktu penelitian dilakukan pada bulan juni 2016. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0 dan Eviews 6. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa, ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,432 dilihat dari nilai thitung sebesar 2,559 > ttabel 1,978, (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendapatan orang tua terhadap motivasi belajar siswa, ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 4.489 dilihat dari nilai thitung sebesar 4,499 > ttabel 1,978, (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman, ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,384 dilihat dari nilai thitung sebesar 3,169 > ttabel 1,978, 1)Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara lingkungan sekolah, pendapatan orang tua dan fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman berdasarkan hasil analisis data Fhitung 124,780 > Ftabel 2,28 dan R squere 0,739 atau 73,9% yang artinya sumbangan dari variabel lingkungan sekolah, pendapatan orang tua dan fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 73,9% sedangkan sisanya sebesar 26,1% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak termaksud dalam penelitian ini. Dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa lingkungan sekolah dan pendapatan orang tua dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII IPS SMP N 3 pariaman untuk itu disarankan kepada pihak sekolah dan siswa agar mendapatkan lingkungan sekolah yang kundusif, Pendapatan orang tua yang tinggi dan falitas belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar motivasi siswa belajar meningkat.