Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang kurang memotivasi diri dalam belajar, adanya peserta didik yang kurang mandiri dalam belajar, adanya peserta didik yang kurang berpartisipasi dalam belajar, adanya peserta didik yang bermalas-malasan dalam belajar, kurangnya keinginan untuk berhasil, kurang menghargai waktu belajar, dan lingkungan belajar yang memungkinkan peserta didik tidak dapat belajar dengan baik sehingga mendapatkan hasil belajar atau prestasi belajar yang relatif rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Gambaran kecerdasan emosional peserta didik, 2) Gambaran motivasi berprestasi peserta didik, dan 3) Gambaran hubungan kecerdasan emosional dengan motivasi berprestasi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Rao selatan Kabupaten Pasaman sebanyak 192 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Data penelitian diperoleh melalui angket. Data diolah menggunakan persentase dan teknik korelasi dengan bantuan program Microsoft Excel 2007 dan bantuan program SPSS versi 18.0. Sesuai dengan tujuan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Gambaran kecerdasan emosional peserta didik berada pada kategori cerdas, 2) Gambaran motivasi berprestasi peserta didik berada pada kategori tinggi, dan 3) Gambaran hubungan kecerdasan emosional dengan motivasi berprestasi peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) dapat diterima karena terdapat hubungan yang signifikan yang menunjukkan arah hubungan yang positif dengan koefisien rendah. Hasil penelitian ini direkomendasikan pada peserta didik agar lebih meningkatkan atau mengembangkan kecerdasan emosi dan lebih menumbuhkan motivasi peserta didik.