Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ada peserta didik yang kurang memiliki motivasi dalam belajar, kurang peduli terhadap materi yang dijelaskan oleh guru, acuh dengan penjelasan guru, tidak serius ketika bertanya, tidak konsentrasi dalam belajar, kurang mengerjakan latihan-latihan rumus yang diberikan oleh guru (tidak mengerjakan tugas) kurang pecaya diri dalam bertanya, mempunyai kebiasaan belajar yang tidak teratur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendreskripsikan : 1). Faktor jasmaniah, 2). Faktor psikologis, 3). Faktor keluarga, 4). Faktor sekolah. 5). Faktor masyarakat. . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling Populasi penelitian adalah peserta didik SMA N 1 Rao Kabupaten Pasaman pada kelas XI yang berjumlah 286 orang. Sampel sebanyak 74 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data digunakan adalah teknik tingkat capaian responden dan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor penyebab masalah dalam belajar dapat dilihat dari 1) faktor jasmaniah berada pada kategori sedang. 1)faktor psikologis berada pada kategori banyak 3). faktor keluarga berada pada kategori sedang, 4) faktor sekolah berada pada kategori banyak. 5) Faktor masyarakat berada pada kategori banyak. Berdasarkan hasil penelitian dapat direkomendasikan kepada peserta didik agar tetap dapat mengetahui bagaimana faktor penyebab masalah dalam belajar agar peserta didik dapat menghindarinya dan semangat dalam belajar.