Students’ Problems in Using Nominal and Verbal Sentences of Simple Present Tense in Writing Thesis Proposal (A Study at Second Year of STKIP PGRI West Sumatera Academic Year 2015/2016)
Main Author: | Gita, Mustika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4367/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4367/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4367/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4367/4/11040059%20Gita%20Mustika%20%28Thesis%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4367/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menemukan permasalahan apa saja yang dihadapi oleh siswa di dalam penggunaan kalimat nominal dan verbal pada simple present tense dalam menulis proposal skripsi. Dalam menentukan partisipan, peneliti menggunakan purposive sampling teknik. Peneliti mengambil semua siswa yang selesai seminar pada bulan Maret sebagai partisipan. Dalam data penelitian, peneliti menemukan hampir semua siswa mengalami masalah di dalam penggunaan kalimat nominal dan verbal pada simple present tense dalam menulis proposal skripsi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa siswa bermasalah ketika membuat kalimat verbal, seperti: penambahan s/es pada kata kerja yang subjeknya tunggal, siswa menggunakan tobe (am, is, are) pada kalimat verbal, siswa menggunakan kata kerja bentuk kedua pada penulisan kalimat verbal di dalam simple present tense, dan siswa juga tidak menggunakan subjek pada kalimat yang dibuatnya. Selain itu, kesalahan yang ditemui di dalam penelitian ketika siswa membuat kalimat nominal adalah siswa tidak menggunakan tobe (am, is, are) dalam menulis kalimat nominal, siswa menggunakan kata kerja pada kalimat nominal, dan siswa menambahkan s setelah prediket jika subjek yang digunakan di dalam kalimat adalah jamak. Secara keseluruhan penelitian ini mendeskripsikan tentang permasalahan siswa dalam menggunakan kalimat nominal dan verbal pada simple present tense dalam menulis proposal skripsi.