The Influence of Seating Arrangement on Students Motivation in English learning Class VIII at SMP Kartika 1-7 Padang
Main Author: | Helmi, Rizki Novita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4362/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4362/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4362/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4362/4/11040030-HELMI%20RIZKI%20NOVITA%20%28THESIS%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4362/ |
Daftar Isi:
- Pengaturan tempat duduk merupakan salah satu bagian dari pengelolaan ruangan kelas yang sangat penting bagi guru sebelum proses belajar mengajar dimulai. Pengaturan tempat duduk di dalam kelas dapat mempengaruhi motivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi bagaimana pengaruh dari pengaturan tempat duduk terhadap motivasi siswa dalam belajar. Jenis dari penelitian ini adalah descriptive. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang, yang berjumlah 53 orang siswa. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik acak, 10% setiap kelasnya. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 10 orang siswa. Instrument yang dipakai adalah video dan interview. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga tipe dari pengaturan tempat duduk yang digunakan guru bahasa Inggris di SMP Karitka 1-7 Padang diantaranya, model tempat duduk tradisional, model kelompok dan model U, dengan adanya variasi pengaturan tempat duduk yang digunakan oleh guru di dalam kelas dapat meningkatkan motivasi siswa belajar di dalam kelas. Siswa merasa lebih nyaman dan tenang ketika belajar pada saat mereka duduk dengan variasi yang berbeda, karena mereka merasa terperhatikan oleh guru ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung, dengan adanya motivasi belajar yang dimilki siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.