Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Moral/Fabel Siswa Kelas VIII MTsN Kuranji
Main Author: | Yosa, Violeta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/436/1/13080137%20YOSA%20VIOLETA%20%20ok%20Flipping.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/436/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/436/3/Kesimpulanb.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/436/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/436/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertama, siswa masih kesulitan dalam mengembangkan ide-idenya dalam menulis teks cerita moral/fabel.Kedua, selama pembelajaran cerita moral/fabel guru hanya memperlihatkan video dan foto copy cerita moral/fabel. Ketiga, dalam menulis siswa masih kesulitan dalam menggunakan EYD dan pemilihan kalimat efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita moral/fabel sebelum menggunakan model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar siswa kelas VIII MTsN Kuranji padang, untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa sesudah menggunakan model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar siswa kelas VIII MTsN Kuranji Padang, dan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII MTsN Kuranji Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Adapun sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 MTsN Kuranji Padang yang terdaftar pada semester 1 tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 30 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII.4 sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal berikut, Pertama, keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII.4 MTsN Kuranji Padang sebelum menggunakan model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar dengan rata-rata-rata 62,77 berkualifikasi lebih dari cukup (LdC) berada pada rentangan 56%-65%. Kedua, keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII.4 MTsN Kuranji Padang sesudah menggunakan model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar dengan rata-rata 80,83 berkualifikasi baik (B) berada pada rentangan 76%-85%. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar dan sesudah menggunakan model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar. Hasil uji-t pada taraf kepercayaan 95% (=0,05) thitung>ttabel (7,62>1,65) dengan demikian H1 diterima. Berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks cerita moral/fabel.