Profil Tingkah Laku Salah Suai Peserta Didik Dilihat dari Pendekatan Analisis Transaksional (Studi di kelas XI SMA N 2 Bayang)
Main Author: | Husnatul, Mardhiyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4355/1/12060185%20-%20HUSNATUL%20MARDHIYAH%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4355/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4355/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4355/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4355/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya peserta didik yang mempunyai tingkah laku salah suai di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: profil tingkah laku salah suai peserta didik dilihat dari pendekatan analisis transaksional terkait dengan 1) Tingkah laku salah suai peserta didik dilihat dari pendekatan analisis transaksional dalam aspek status ego, 1)Tingkah laku salah suai peserta didik dilihat dari pendekatan analisis transaksional dalam aspek life position dan (3) Tingkah laku salah suai peserta didik dilihat dari pendekatan analisis transaksional dalam aspek struktur hunger. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik di kelas XI. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proportional random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 162 orang peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Bayang. Teknik pengumpulan data melalui angket. Data diolah menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara umum profil tingkah laku salah suai peserta didik dilihat dari pendekatan analisis transaksional dikategorikan banyak. Hasil penelitian berdasarkan subvariabel yaitu: (1) Tingkah laku salah suai peserta didik dilihat dari pendekatan analisis transaksional dalam aspek status ego dikategorikan banyak, (2) Tingkah laku salah suai peserta didik dilihat dari pendekatan analisis transaksional dalam aspek life position dikategorikan banyak dan (3) Tingkah laku salah suai peserta didik dilihat dari pendekatan analisis transaksional dalam aspek struktur hunger dikategorikan banyak. Temuan penelitian ini direkomendasikan kepada pihak terkait yaitu guru BK, untuk dapat mengetahui gambaran tingkah laku salah suai peserta didik di sekolah bisa dilihat dari pendekatan analisis transaksional.