Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara yang telah peneliti lakukan, ditemukan adanya peserta didik yang menganggap media yang digunakan oleh guru BK sulit dipahami, kurang bervariasi dan kurang sesuai dengan materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan tentang: 1) Persepsi peserta didik kelas VII tentang penggunaan media berbasis visual oleh guru BK dalam pelaksanaan layanan informasi. 2) Persepsi peserta didik kelas VII tentang penggunaan media berbasis audio-visual oleh guru BK dalam pelaksanaan layanan informasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi peserta didik kelas VII yang berjumlah 96 orang, untuk pengambilan sampelnya digunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket dan data diolah dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara umum persepsi peserta didik kelas VII tentang penggunaan media oleh guru BK dalam pelaksanaan layanan informasi berada pada kategori cukup baik. Dilihat dari masing-masing variabel: 1) Persepsi peserta didik kelas VII tentang penggunaan media berbasis visual oleh guru BK dalam pelaksanaan layanan informasi berada pada kategori cukup baik. 2) Persepsi peserta didik kelas VII tentang penggunaan media berbasis Audio-visual oleh guru BK dalam pelaksanaan layanan informasi berada pada kategori cukup baik. Hasil penelitian ini disarankan kepada guru BK dapat lebih meningkatkan dan memperhatikan penggunaan media dalam pelaksanaan layanan informasi guna untuk peningkatan kualitas pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling.