Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Integrated Reading And Compositio (CIRC) Berbantuan media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Painan
Main Author: | Rahmad, Gunawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/434/1/13080133%20RAHMAD%20GUNAWAN%20%20%20ok%20flipp.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/434/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/434/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/434/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/434/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yakni siswa masih kesulitan mengembangkan unsur 5 W+1 secara lengkap ke dalam bentuk tulisan. Dalam menulis berita siswa tidak memahami struktur dalam penulisan berita serta kurangnya minat dan daya tarik siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis teks berita karena dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab saja sehingga materi sulit untuk dipahami. Setelah itu, strategi pembelajaran guru juga kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita tanpa dan dengan menggunakan model CIRC Berbantuan Media Gambar serta pengaruh penggunaan model CIRC Berbantuan Media Gambar terhadap kemampuan menulis teks Berita siswa kelas VIII SMPN 3 Painan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian eksperimen yang digunakan yaitu desain Two Group Randomized post-test Only control group design. Penelitian ini terdiri atas dua variabel yaitu penggunaan model CIRC Berbantuan Media Gambar sebagai variabel bebas (X), dan kemampuan menulis teks Berita sebagai variabel terikat (Y). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja pada kelas kontrol dan eksprimen. Jumlah populasi penelitian ini 63 orang dan sampel penelitian ini sebanyak 21 orang yaitu kelas VIII.1 kelas kontrol dan VIII 2 kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka hasil penelitian ini adalah. Pertama, kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Painan tanpa menggunakan model CIRC memperoleh nilai rata-rata kelas 62,29 berada pada rentangan 56-65% kualifikasi Cukup (C). Kedua, kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan model model CIRC siswa kelas VII SMP Negeri 3 Painan memperoleh nilai rata-rata 81,34 berada pada rentangan 76 - 85% kualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model CIRC Berbantuan Media Gambar terhadap kemampuan menulis teks Berita siswa kelas VIII SMPN 3 Painan Karena thitung > ttabel ( > 1,68).