Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran TTW Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Novita, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/433/2/13080132%20NOVITA%20SARI%20%20ok%20Flipping.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/433/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/433/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/433/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/433/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Keterampilan siswa dalam memahami cerpen masih rendah dan nilai yang diperoleh masih berada di bawah KKM. Siswa mengalami kesulitan mengenai unsur intrinsik. Pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa kurang memperhatikan materi pembelajaran khususnya menulis cerpen. Hasil menulis cerpen masih belum memenuhi indikator penilaian. Hal ini dilihat saat siswa mengerjakan latihan, siswa kesulitan menentukan struktur cerpen saat mengerjakan latihan. Dalam proses mengajar guru menggunakan metode ceramah dan metode inquiri. Namun metode yang diterapkan guru tersebut masih tergolong hasil yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal. Pertama, keterampilan menulis cerpen tanpa menggunakan model pembelajaran TTW. Kedua, keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran TTW. Ketiga, pengaruh penggunaan model pembelajaran TTW terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 242 orang. Sampel penelitian adalah kelas X.4 (kelas kontrol) yang berjumlah 30 orang dan kelas X.2 (kelas eksperimen) yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel adalah simpel random sampling. Data penelitian ini adalah hasil tes berupa keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil analisis data terhadap keterampilan menulis cerpen tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran TTW dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, tingkat keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh nilai rata-rata 62,59 dengan klasifikasi 56 – 65% yaitu Cukup. Kedua, tingkat keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran TTW siswa kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh nilai rata-rata 77,78 dengan klasifikasi 76 - 85% yaitu Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan model pembelajaran TTW siswa kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan karena thitung> tabel (3,42>1,84). Jadi, disimpulkan bahwa model TTW siswa SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan model pembelajaran TTW lebih baik daripada tanpa menggunakan model pembelajaran TTW.