Kontribusi Guru Dalam Membimbing dan Mendidik Akhlak Siswa Kelas XI SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Yella Agusti Ningsih, Yella |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4320/1/12070112%20YELLA%20AGUSTI%20NINGSIH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4320/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4320/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4320/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4320/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukannya beberapa siswa SMA N 2 Bayang yang memiliki akhlak yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku. Seperti kenakalan remaja berkata kurang sopan, kurang menghargai guru, merokok, cabut, dan berkelahi. Kondisi seperti ini sangat memprihatinkan dunia pendidikan. Guru memiliki peran yang amat besar dalam proses pendidikan, guru bukan saja pengajar tetapi juga sebagai pembentuk akhlak bagi peserta didiknya. Oleh karena itu kontribusi guru sangat penting dalam proses belajar mengajar tidak hanya dalam mendidik tetapi juga membentuk akhlak peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi guru dalam membimbing dan mendidik akhlak siswa kelas XI SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Teori yang digunakan adalah aliran konvergensi yang dikembangkan oleh William Stern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, tipe penelitian deskriptif, informan dalam penelitian ini adalah 15 orang. Pemilihan informan melalui purposive sampling yaitu penarikan informan yang dipilih oleh peneliti secara sengaja dan sesuai dengan kriteria tertentu berdasarkan permasalahan penelitian. Metode penelitian yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Keakuratan data diuji dengan menggunakan analisis interaktif, dari data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian tentang kontribusi guru sebagai pendidik dan pembimbing antara lain : 1) membiasakan diri bersalaman dengan sesama, seperti sebelum masuk kelas siswa berbaris dan bersalaman dengan guru yang mengajar, 2) guru memberikan motivasi, motivasi disini yang diberikan berbentuk cerita mengenai pengalaman pribadi yang kuliah sambil kerja, 3) guru memberikan sanksi berupa teguran kepada siswa yang bermasalah, bentuk dari teguran yang diberikan berupa guru menyuruh siswa mengambil sampah yang berserakan dan tidak boleh membuang sampah sembarangan, pemanggilan orang tua, tujuannya adalah untuk membicarakan masalah peserta didik dengan orang tua bersangkutan, memberikan sanksi kepada peserta didik yang melanggar, yang menggunakan celana ketat dan rambut yang panjang akan dipotong, cabut, merokok dan berkelahi akan dikenakan denda satu sak semen dan pemanggilan orang tua, 4) mengadakan kegiatan keagamaan setiap hari jumat, diadakannya kultum sebelum masuk kelas mulai dari protokol, mengaji, ceramah dan nasyid. Kata kunci : Kontribusi guru