Profil Emosi Peserta Didik Kelas X di SMA N 1 Lintau Buo Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar
Main Author: | Nabila, Arsya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/432/1/12060062%20NABILA%20ARSYA%20-%20Copy.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/432/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/432/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/432/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/432/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena awal terlihat pada peserta didik yang memiliki emosi berbeda-beda dalam bersikap dan bersosialisasi dengan teman sekolah, adanya peserta didik yang melakukan perlawanan saat dimarahi guru, adanya kecewa terhadap hasil belajar, adanya peserta didik yang sedih karena hasil belajar, adanya peserta didik yang pemalu dan takut saat pembelajaran, adanya peserta didik yang resah karena pelajaran tertentu, dan adanya peserta didik yang saling membenci. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Profil emosi positif peserta didik Kelas X di SMA N 1 Lintau Buo Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar, 2) Profil emosi negatif peserta didik Kelas X di SMA N 1 Lintau Buo Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian seluruh peserta didik Kelas X yang ada di SMA N 1 Lintau dengan jumlah 282 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik persentase. Secara khusus hasil penelitian ini mengungkapkan: 1) bahwa profil emosi postif peserta didik mendapatkan persentase terbanyak 37% dari 100 orang peserta didik dengan kategori banyak, 2) emosi negatif mendapatkan persentase terbanyak 30% dari 100 orang peserta didik dengan kategori sedikit. Dan untuk hasil keseluruhan mendapatkan persentase terbanyak 30% dari 100 peserta didik dengan kategori sedikit. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada remaja agar dapat mengontrol emosi secara optimal dengan cara mengontrol sikap dan tindakan dan harus lebih berfikir dalam mengambil suatu tindakan.