Pelaksanaan Kegiatan Bibliotherapy dalam Membentuk Konsep Diri Peserta Didik (Studi terhadap Kelas XI Perhotelan SMK Negeri 9 Padang)

Main Author: Indra, Indra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4314/2/11060207%20INDRA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4314/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4314/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4314/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4314/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang kurang memahami tentang pelaksanaan kegiatan bibliotherapy. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan bibliotehrapy dalam membentuk konsep diri dilihat dari: (1) kesiapan, (2) seleksi buku, (3) memperkenalkan buku dan (4) strategi tindak lanjut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI yang menjalani proses pendidikan di SMK Negeri 9 Padang dengan jumlah 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling jumlah sampel 30 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan bibliotehrapy dalam membentuk konsep diri peserta didik dilihat dari segi kesiapan berada pada kategori baik. (2) Pelaksanaan kegiatan bibliotehrapy dalam membentuk konsep diri peserta didik dilihat dari segi seleksi buku berada pada kategori baik. (3) Pelaksanaan kegiatan bibliotehrapy dalam membentuk konsep diri peserta didik dilihat dari segi memperkenalkan buku tergolong pada kategori baik. (4) Pelaksanaan kegiatan bibliotehrapy dalam membentuk konsep diri peserta didik dilihat dari segi strategi tindak lanjut tergolong pada kategori sangat baik. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada pihak yang terkait yaitu guru BK untuk dapat meningkatkan dan mempertahankan peran pelaksanaan kegiatan bibliotehrapy dalam mengembangkan kebiasaan belajar yang baik maupun bersosialisai di lingkungan sekitar sehingga peserta didik dapat memahami pelaksanaan kegiatan bibliotehrapy dalam membentuk konsep diri yang baik.