Students’ Response toward Written Corrective Feedback in Writing Skills at Grade Eleventh of SMA N 1 Tigo Nagari Kab. Pasaman
Main Author: | Dewi, Permata Asri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4311/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4311/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4311/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4311/4/12040293%20DEWI%20PERMATA%20ASRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4311/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis koreksi tertulis yang digunakan guru terhadap tulisan siswa kelas XI SMAN 1 Tigo Nagari Kab. Pasaman serta respon siswa terhadap koreksi umpan balik tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan menganalisa tentang jenis koreksi yang digunakan guru dan respon siswa tehadap koreksi yang diberikan guru dalam tulisan mereka. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Instrumen penelitiannya adalah dokumen dan angket. Sampel yang diambil pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 yang berjumlah 26 siswa dan diminta untuk mengisi angket yang terdiri dari 20 item. Angket bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap koreksi umpan balik guru. Angket tersebut dirumuskan berdasarkan indikator dalam komponen dari respon siswa terhadap koreksi tertulis guru. Selain itu, peneliti juga melakukan analisa tehadap dokumen siswa yang diambil dari masing-masing siswa yang berjumlah 26 dokumen. Dokumen ini dianalisa berdasarkan indikator jenis koreksi yang digunakan guru yaitu koreksi langsung (direct corrective feedback) dan koreksi tidak langsung (indirect corrective feedback). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru menggunakan kedua jenis koreksi langsung dan tidak langsung dalam memberikan umpan balik terhadap tulisan siswa dan siswa memiliki respon yang baik terhadap koreksi umpan balik yang diberikan guru.