Students’ Communication Apprehension in Classroom Interaction at the First Year Students at Speaking II Class of English Department Academic Year 2015/2016
Main Author: | Maifina, Maifina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4310/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4310/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4310/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4310/4/12040284%20MAIFINA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4310/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menjelaskan tentang tingkat kecemasan yang dimiliki oleh mahasiswa didalam interaksi kelas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dimana populasinya adalah mahasiswa bahasa Inggris tingkat pertama STKIP PGRI Sumatera Barat T.A 2015/2016 yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah Random Sampling. Instrument penelitiannya adalah angket dan wawancara. Sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah 24 mahasiswa dan diminta untuk mengisi angket yang terdiri dari 24 item. Untuk mengetahui tingkat kecemasan berkomunikasi, penulis menggunakan kuesioner yang diadaptasi dari McCroskey (2009) yang dikenal dengan the Personal Report of Communication Apprehension (PRCA-24). Berdasarkan angket yang dibagikan pada mahasiswa, 21% diantaranya memiliki tingkat kecemasan berkomunikasi yang tinggi. Sementara itu, tingkat kecemasan sedang dengan persentase 71%, serta tingkat kecemasan berkomunikasi yang rendah dengan persentase 8%. Dan berdasarkan hasil persentase dari ketiga level tersebut, maka level yang paling banyak dimiliki oleh mahasiswa tingkat pertama program studi Bahasa Inggris Tahun Ajaran 2015/2016 adalah level sedang