Daftar Isi:
  • Penelitian inidilatarbelakangi masihadanyapeserta didik merasakan tekanan psikologis saat menghadapi beberapa mata pelajaran yang gurunya tidak menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Stres akademik peserta didik kelas unggul dilihat dari gejala psikologis (2) Stres akademik peserta didik kelas unggul dilihat dari gejala emosi. (3) Stres akademik peserta didik kelas unggul dilihat dari gejala perilaku. (4) Stres akademik peserta didik kelas unggul dilihat dari gejala kognitif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping, jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 64 peserta didik. Penarikan sampel mengunakan teknik total sampling, dengan Jumlah sampel sebanyak 64 peserta didik. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah angket sedangkan untuk melaksanakan analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Stres akademik peserta didik kelas unggul dilihat dari gejala psikologis berada pada kategori berat. (2) Stres akademik peserta didik kelas unggul dilihat dari gejala emosi berada pada kategori ringan. (3) Stres akademik peserta didik kelas unggu ldilihat dari gejala perilaku berada pada kategori sangat berat. (4) Stres akademik peserta didik kelas unggul dilihat dari gejala kognitif berada pada kategori berat. Berdasarkan penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar mampu menghadapi tuntutan akademik dengan baik serta bisa mengatasi stres yang dialami dalam belajar di kelas unggul supaya peserta didik meningkatkan dan mempertahankan prestasi belajar.