Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisa kesulitan siswa dalam menggunakan passive voice bentuk simple past tense oleh mahasiswa tingkat satu jurusan pendidikan bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat. Untuk kerangka analisa, peneliti menggunakan pendekatan Purposive Sampling untuk menjawab pertanyaan penelitian. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan tes terhadap 90 siswa untuk melihat kesulitan siswa terhadap passive voice dalam bentuk simple past tense. Di dalam penelitian ini terdapat 18 siswa yang mendapat nilai 0 dari 90 siswa yang mengikuti tes dan dilakukan analisa terhadap hasil tes 18 siswa tersebut untuk melihat kesulitan dalam penggunaan passive voice dalam simple past tense. Dari 18 siswa tersebut ditemukan ada beberapa kesulitan yang sesuai dengan pendapat ahli dalam penelitian ini (Parrot 2000: 336, Swan and Smith 2001: 289, DeCapua 2008: 259), diantaranya kesulitan dalam menentukan subject dan agent di passive voice, kesulitan dalam menggunakan auxiliary verb be, dan kesulitan dalam menggunakan kata kerja bentuk ketiga. Data tersebut juga diperkuat dengan interview terhadap beberapa orang siswa yang mendapat nilai 0 tersebut. Berdasarkan temuan tersebut, dianjurkan kepada siswa untuk dapat mengatasi kesulitan yang mereka alami dengan lebih memperdalam pemahaman mereka terhadap konsep passive voice itu sendiri. Bagi dosen Bahasa Inggris diharapkan untuk memberikan dukungan yang penuh kepada mahasiswa untuk memahami passive voice tersebut, sehingga mahasiswa mampu memahami dan menggunakan konsep passive voice terutama dalam bentuk simple past tense dengan baik.