Profil Minat Peserta Didik Mengikuti Konseling Kelompok Kelas VII di SMP Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Witri Mulyana, Elsa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4278/4/12060016%20WITRI%20MULYANA%20ELSA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4278/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4278/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4278/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4278/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang ragu-ragu dalam menyampaikan pendapat pada saat mengikuti konseling kelompok, banyak yang diam, kurang percaya untuk menceritakan masalahnya, merasa takut rahasianya diketahui oleh teman-teman, memiliki kehadiran yang rendah, kurang antusias dalam mengikuti jalannya kegiatan, merasa enggan dalam mengutarakan pendapat, pengalaman, dan perasaannya, bersikap tidak mau tahu dan cenderung bersikap tertutup, kurangnya kesiapan, kurang semangat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) minat peserta didik mengikuti konseling kelompok dilihat dari minat Volunter, 2) minat peserta didik mengikuti konseling kelompok dilihat dari minat Involunter, dan 3) minat peserta didik mengikuti konseling kelompok dilihat dari minat Nonvolunter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang telah mengikuti konseling kelompok di SMP Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 328 peserta didik. Untuk penarikan sampel digunakan teknik Clusster Random Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 72 peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui angket. Data diolah menggunakan klasifikasi persentase dengan menggunakan bantuan program microsoft excel. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara umum, Minat peserta didik mengikuti konseling kelompok berada pada kategori cukup tinggi, dan secara khusus minat peserta didik mengikuti konseling kelompok dilihat dari minat volunter berada pada kategori cukup tinggi, minat peserta didik mengikuti konseling kelompok dilihat dari minat involunter berada pada kategori cukup tinggi, dan minat peserta didik mengikuti konseling kelompok dilihat dari minat nonvolunter berada pada kategori cukup tinggi. Penelitian ini direkomendasikan kepada Guru BK mengenai konseling kelompok, peserta didik lebih meningkatkan konseling kelompok kedepannya.