Students’ Motivation in Learning Writing (A Study at Tenth Grade of Senior High School 6 Padang)
Main Author: | Shafitri, Andini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4275/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4275/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4275/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4275/4/12040182%20SHAFITRI%20ANDINI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4275/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitan ini adalah untuk menganalisa bagaimana motivasi siswa dalam pembelajaran menulis kelas X di SMA N 6 Padang dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran menulis. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa mempunyai motivasi yang rendah dalam pembelajaran menulis. Cara pengambilan sample yang digunakan adalah cara pengambilan sampel secara acak. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian dari jawaban angket siswa menunjukkan bahwa total skor motivasi siswa dalam pembelajaran menulis adalah 77,80 %. Itu maksudnya bahwa siswa kelas X di SMA N 6 Padang memiliki motivasi yang tinggi dalam pembelajaran menulis. Kemudian, hasil wawancara adalah siswa memiliki semua motivasi intrinsik dalam pembelajaran menulis, tapi pada motivasi ekstrinsik siswa memiliki empat dari delapan motivasi ekstrinsik dalam pembelajaran menulis. Jadi, ada dua faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran menulis. Mereka adalah motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Pada motivasi intrinsik dalam pembelajaran menulis yang mempengaruhi siswa dalam pembelajaran menulis adalah enjoyment, feel better, improve, pleasure, want, allow to be more, allow to participate, and need. Kemudian, pada motivasi ekstrinsik yang mempengaruhi siswa dalam pembelajaran menulis adalah good score, want to continue, the society and parents.