Profil Persiapan Belajar Peserta Didik yang Memperoleh Hasil Belajar Rendah di SMPN 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Aspi, Yarman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4271/1/12060270%20Aspi%20Yarman%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4271/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4271/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4271/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4271/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena masih banyaknya peserta didik yang memperoleh hasil belajar rendah di sekolah. Berdasarkan kondisi tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan peserta didik dalam belajar meliputi: 1) Persiapan belajar peserta didik yang memperoleh hasil belajar rendah dilihat dari kondisi fisik, 2) Persiapan belajar peserta didik yang memperoleh hasil belajar rendah dilihat dari penyelesaian tugas, 3) Persiapan belajar peserta didik yang memperoleh hasil belajar rendah dilihat dari kelengkapan pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai yang memperoleh hasil belajar rendah yang berjumlah 52 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data Interval. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Data penelitian diperoleh melalui angket. Data diolah menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil bahwa: 1) Persiapan kondisi fisik berada pada kategori baik, 2) Persiapan penyelesaian tugas berada pada kriteria cukup baik, 3) Persiapan kelengkapan pelajaran berada pada kriteria cukup baik. Persiapan belajar peserta didik yang memperoleh hasil belajar rendah di SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman secara keseluruhan termasuk pada kriteria baik dan cukup baik. Hasil penelitian ini merekomendasikan pada peserta didik, agar mempertahankan dan dapat meningkatkan persiapan belajar dengan baik, yaitu persiapan fisik, penyelesaian tugas, dan persiapan kelengkapan pelajaran.