Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor linguistik yang ditemui oleh siswa dalam berbicara bahasa Inggris pada kelas VIII di SMPN 12 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena mengenai masalah siswa dalam berbicara bahasa Inggris di dalam kelas. Partisipan yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada tahun akademik 2015/2016. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah Purposive Sampling. Partisipan diambil pada penelitian ini berjumlah 11 siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan pengamatan dan wawancara. Peneliti melakukan pengamatan yang mana kegiatan guru dan siswa direkam dengan rekaman video untuk menemukan masalah berbicara apa saja yang terjadi ketika interaksi guru dan siswa di kelas. Peneliti juga menggunakan field note untuk memperkuat data yang didapatkan dari rekaman video. Panduan observasi dan wawancara tersebut dirumuskan berdasarkan indikator faktor linguistik siswa dalam berbicara bahasa Inggris yang terdiri dari lack of vocabulary, lack of understanding of grammatical pattern, and incorrect pronunciation. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif that are reading, describing, classifying, and interpreting. Dari analisis data penelitian, peneliti menemukan faktor linguistik yang ditemui siswa dalam berbicara bahasa Inggris adalah incorrect pronunciation, lack of vocabulary, and lack of understanding of grammatical pattern.