Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami masalah dalam cara belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) Upaya guru BK dalam memperbaiki cara belajar peserta didik dilihat dari perencanaan layanan penguasaan konten. 2) Upaya guru BK dalam memperbaiki cara belajar peserta didik dilihat dari pelaksanaan layanan penguasaan konten. 3) Upaya guru BK dalam memperbaiki cara belajar peserta didik dilihat dari evaluasi layanan penguasaan konten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII dan IX SMP Negeri 18 Padang yang berjumlah 602 orang peserta didik. Untuk penarikan sampel digunakan teknik stratified random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 86 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk teknik analis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Upaya guru BK dalam memperbaiki cara belajar peserta didik dilihat dari perencanaan layanan penguasaan konten berada pada kategori baik. 2) Upaya guru BK dalam memperbaiki cara belajar peserta didik dilihat dari pelaksanaan layanan penguasaan konten berada pada kategori baik. 3) Upaya guru BK dalam memperbaiki cara belajar peserta didik dilihat dari evaluasi layanan penguasaan konten bearada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK untuk dapat memberikan layanan kepada peserta didik lebih maksimal lagi dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sehingga peserta didik memiliki kebiasaan belajar yang lebih baik dan efektif lagi.