Profil Permasalahan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran (Studi di Kelas X SMA Negeri 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat)
Main Author: | Elsi, Novita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4258/1/12060095%20Elsy%20Novita%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4258/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4258/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4258/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4258/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan, yaitu adanya permasalahan peserta didik dalam proses pembelajaran, yang mengakibatkan proses pembelajaran tidak berjalan dengan lancar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Permasalahan peserta didik dalam proses pembelajaran dilihat dari masalah pribadi. 2) Permasalahan peserta didik dalam proses pembelajaran dilihat dari masalah sosial. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gunung Tuleh yang berjumlah 180 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling sebanyak 90 peserta didik. Jenis data yaitu data interval dan sumber data yang diambil data primer dan skunder. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu persentase. Hasil penelitian secara umum profil permasalahan peserta didik dalam proses pembelajaran berada pada kriteria banyak. Hasil penelitian berdasarkan subvariabel yaitu: 1) Permasalahan pribadi peserta didik dalam proses pembelajaran berada pada kategori banyak. 2) Permasalahan sosial peserta didik dalam proses pembelajaran berada pada kategori sangat banyak. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru BK agar lebih mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik dalam proses pembelajaran baik permasalahan pribadi serta permasalahan sosial peserta didik.