Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik Berkebutuhan khusus Pada Pendidikan Inklusi di SMK Negeri 4 Padang
Main Author: | Gusmiza, Nurlely |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4247/2/10060209_GUSMIZA%20NURLELY%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4247/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4247/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4247/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4247/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang peneliti temukan di lapangan dimana adanya peserta didik berkebutuhan khusus yang mengalami kesulitan dalam belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Pada Pendidikan Inklusi di SMK Negeri 4 Padang ditinjau dari faktor: 1) Faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik berkebutuhan khusus dilihat dari aspek kognitif, 2) Faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik berkebutuhan khusus dilihat dari aspek afektif, 3) Faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik berkebutuhan khusus dilihat dari aspek psikomotor. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun yang menjadi informan penelitian adalah: 2 orang informan kunci yaitu peserta didik berkebutuhan khusus sedangkan informan tambahan terdiri dari 2 orang guru. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara. Analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkanbahwa: 1) Faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik berkebutuhan khusus dilihat dari aspek kognitif yaitu peserta didik berkebutuhan khusus kesulitan untuk menerjemahkan atau menyebutkan kembali apa yang telah didengar dengan kata-kata sendiri. 2) Faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik berkebutuhan khusus dilihat dari aspek afektif yaitu sikap peserta didik berkebutuhan khusus dalam menerima/memperhatikan materi pelajaran yang diajarkan oleh guru. 3) Faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik berkebutuhan khusus dilihat dari aspek psikomotor yaitu peserta didik berkebutuhan khusus mengalami kesulitan dalam hal mengucapkan kata-kata dengan jelas dan sulit untuk mendengarkan materi pelajaran yang disampaikan guru.