Hambatan-hambatan yang Mempengaruhi Ketepatan Pemilihan Karir Peserta Didik di Kelas XI SMK Negeri 9 Padang
Main Author: | Nurmaliza, Nurmaliza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4238/3/12060237%20-%20NURMALIZA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4238/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4238/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4238/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4238/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang peneliti temukan di lapangan, yaitu adanya peserta didik SMK Negeri 9 Padang yang masih bingung dalam menentukan arah pilihan karinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hambatan-hambatan yang mempengaruhi ketepatan pemilihan karir peserta didik dilihat dari faktor internal, 2) Hambatan-hambatan yang mempengaruhi ketepatan pemilihan karir peserta didik dilihat dari faktor eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI SMK Negeri 9 Padang yang berjumlah 289 orang, untuk pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling yang diwakili oleh setiap jurusan. Sehingga jumlah sampel yang diambil berjumlah 86 orang. Instrumen penelitian ini adalah angket dan data diolah dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan secara umum hambatan-hambatan yang mempengaruhi ketepatan pemilihan karir peserta didik SMK Negeri 9 Padang, berada pada kategori sangat sedikit. Dilihat dari masing masing sub variabel: 1) Hambatan-hambatan yang mempengaruhi ketepatan pemilihan karir peserta didik dilihat dari faktor internal yang terdiri dari intelegensi, minat, bakat, nilai-nilai, pengetahuan, sifat dan keadaan jasmani yang termasuk dalam kategori sangat sedikit. 2) Hambatan-hambatan yang mempengaruhi ketepatan pemilihan karir peserta didik dilihat dari faktor eksternal yang terdiri dari masyarakat, keadaan sosial ekonomi Negara, status sosial ekonomi keluarga, pengaruh anggota keluarga, pendidikan sekolah, pengaruh teman sebaya dan tuntutan jabatan yang termasuk dalam kategori sangat sedikit. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar dalam memilih karir tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan masyarakat dan teman sebaya tetapi harus menyesuaikan dengan minat, bakat serta kemampuan yang dimiliki.