Profil Keterampilan Guru BK Mengelola Kelas dalam Pemberian Layanan Informasi di Kelas X SMAN 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya
Main Author: | Jaka, Regon |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4236/1/120600083%20JAKA%20REGON.doc http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4236/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4236/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4236/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4236/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena adanya peserta didik yang masih menganggap layanan informasi hanya sebagai pemberian nasehat saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil keterampilan guru BK mengelola kelas dalam pemberian layanan informasi dilihat dari: (1) Menciptakan situasi dan kondisi kelas (2) Mengontrol tingkah laku dalam kelas (3) Menciptakan interaksi dalam kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik di kelas X dengan jumlah 102 orang peserta didik dan sampel 50 orang, teknik pengambilan sampel proportional simple random sampling. Data penelitian diperoleh melalui angket, dan diolah dengan menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang profil keterampilan guru BK mengelola kelas dalam pemberian layanan informasi di kelas X SMAN 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya dilihat dari: 1) Menciptakan situasi dan kondisi kelas berada pada kategori baik. 2) Mengontrol tingkah laku dalam kelas berada pada kategori cukup baik. 3) menciptakan interaksi dalam kelas berada pada kategori cukup baik. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK agar lebih memperhatikan kebutuhan peserta didik dan lebih memahami peserta didik secara menyeluruh dan berusaha menciptakan situasi yang menimbulkan rasa betah dan nyaman bagi peserta didik pada saat melakukan kegiatan layanan di kelas. Guru BK, agar lebih memperhatikan lagi kegiatan layanan informasi dan meningkatkan kegiatan belajar yang lebih baik.