Karakteristik Konsep Diri Peserta Didik yang Merokok di SMK Negeri 2 Padang
Main Author: | Switra, Yenty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4222/2/12060247%20-%20SWITRA%20YENTY%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4222/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4222/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4222/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4222/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik laki-laki cenderung menggambarkan karakteristik konsep diri yang negatif contohnya saja mereka mengatakan kalau merokok itu pemberani, gagah, disukai lawan jenis, populer dan gaul. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana profil karakteristik konsep diri positif peserta didik merokok dan (2) untuk mengetahui bagaimana profil karakteristik konsep diri positif peserta didik merokok. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 73 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 73 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang karakteristik konsep diri peserta didik merokok di SMK Negeri 2 Padang dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: secara keseluruhan peserta didik yang merokok memiliki gambaran karakteristik konsep diri baik itu positif atau negatif berada pada kategori cukup banyak (56,1 %) dan dilihat berdasarkan sub variabel yaitu: (1) Dilihat dari sub variabel karakteristik konsep diri positif berada pada kategori cukup banyak (41,1 %,), (2) Dilihat dari sub variabel karakteristik konsep diri negatif berada pada kategori cukup banyak (53,4 %). Dapat disimpulkan bahwa cukup banyak peserta didik yang merokok di SMK Negeri 2 Padang yang sudah menggambarkan karakteristik konsep diri baik itu positif atau negatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat direkomendasikan kepada guru BK untuk dapat membentuk konsep diri yang baik kepada peserta didik supaya tidak salah dalam mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.