Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tim penyusun soal ujian berbentuk cloze kurang mengetahui bagaimana cara membuat tes berbentuk cloze yang baik. Penelitian ini ditulis bertujuan untuk menganalisa penyusunan tes berbentuk Cloze pada tes pilihan ganda dalam soal semester ganjil dan semester genap yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris di SMP Kota Padang tahun ajaran 2015/2016. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah soal semester yang berbentuk cloze yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris di SMP Kota Padang sudah dalam bentuk pembuatan yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif research. Sumber data penelitian ini adalah dokumen dari soal semester kelas delapan yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di SMP Kota Padang. Soal dari ujian semester tersebut terdiri dari 12 item. 5 item pada semester ganjil dan 7 item pada semester genap. Masing-masing item di analisa berdasarkan 9 indikator. Untuk mendapatkan data yang akurat, peneliti menggunakan document checklist sebagai alat untuk mengukur data tersebut. Dari data yang didapatkan pada saat menganalisa soal semester yang berbentuk cloze didalam pilihan ganda ditemukan bahwa penyusunan tes yang ada pada soal semester tersebut sudah hampir sempurna karena sudah memenuhi criteria yang sangat baik 61%- 80% dalam soal berbentuk cloze.