Profil Perencanaan Karir Peserta Didik (Studi Pada Kelas XI SMA Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan)
Main Author: | Ferlina, Fitria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4215/3/12060196%20FERLINA%20FITRIA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4215/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4215/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4215/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4215/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang peneliti temukan di lapangan seperti adanya peserta didik yang belum mempersiapkan perencanaan karir yang sesuai dengan potensinya di SMA Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1)profil penilaian diri peserta didik, (2)profil pengetahuan tentang pilihan karir akademik, (3)profil penetapan tujuan peserta didik dan, (4)profil implementasi rencana karir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas XI yang berjumlah 274 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proportional random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 162 orang peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Bayang. Sumber data penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari peserta didik di SMA Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari SMA Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Data penelitian diperoleh melalui angket. Data diolah menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara umum profil perencanaan karir peserta didik dikategorikan tidak sesuai. Hasil penelitian berdasarkan subvariabel yaitu: (1)profil penilaian diri peserta didik dikategorikan cukup sesuai, (2)profil pengetahuan tentang pilihan karir akademik dikategorikan tidak sesuai, (3)Profil penetapan tujuan peserta didik dikategorikan tidak sesuai dan, (4)profil implementasi rencana karir peserta didik dikategorikan tidak sesuai. Berdasarkan temuan penelitian ini penulis menyarankan kepada guru BK agar memberikan layanan dan kegiatan pendukung untuk mengetahui karir peserta didik.