Pelaksanaan Layanan Informasi Oleh Guru BK dalam Menciptakan Disiplin Belajar Peserta Didik di Kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung
Main Author: | Okri, Yanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4214/3/12060177%20-%20OKRI%20YANTI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4214/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4214/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4214/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4214/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang tidak menaati peraturan sekolah, peserta didik sering bolos, peserta didik tidak mengerjakan PR, peserta didik sering ke luar masuk pada saat proses belajar mengajar berlangsung, peserta didik tidak memperhatikan guru yang menjelaskan materi pelajaran di depan kelas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) Perencanaan pelaksanaan layanan informasi oleh guru BK dalam menciptakan disiplin belajar peserta didik 2) Pelaksanaan layanan informasi oleh guru BK dalam menciptakan disiplin belajar peserta didik, 3) Evaluasi pelaksanaan layanan informasi oleh guru BK dalam menciptakan disiplin belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling dengan rumus Slovin. Dari hasil perhitungan diperoleh sampel sebanyak 68 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Untuk menganalisis data digunakan rumus Pearson Product Moment Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik persentase dan uji kolerasi dengan menggunakan program Microsoft Excel 2007 dan Software IBM Statistical Package for the Social Sciences. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Perencanaan pelaksanan layanan informasi oleh guru BK kategori baik, 2) Pelaksanaan layanan informasi dalam meniptakan disiplin belajar kategori baik, 3) Evaluasi proses dan hasil layanan informasi oleh guru BK menciptakan disiplin belajar kategori baik. Berarti semakin baik pelaksanaan layanan informasi oleh guru BK maka akan meningkatkan disiplin belajar peserta didik. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada pihak yang terkait yaitu kepala sekolah dan guru BK untuk dapat mengembangkan disiplin belajar peserta didiknya.