Hubungan antara Regulasi Diri dengan Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas X dan XI IPS di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Juliyardi Saputra, Pratama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4205/2/12060137%20JULIYARDI%20SAPUTRA%20P%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4205/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4205/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4205/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4205/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan, yaitu adanya peserta didik yang sering keluar masuk dijam pelajaran, adanya peserta didik yang membuat onar di dalam kelas, adanya peserta didik yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR), adanya peserta didik yang mengobrol dengan temannya ketika jam pelajaran berlangsung, adanya peserta didik mengaku kurangnya wawasan dan informasi tentang karir yang mereka dapatkan, ada peserta didik mengalami hambatan dalam menentukan pilihan karir, kurang mengetahui informasi mengenai pendidikan lanjutan dan keahlian yang diperlukan dalam satu bidang pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) gambaran regulasi diri peserta didik di SMA Negeri 1 Kampung Dalam, (2) gambaran perencanaan karir peserta didik di SMA Negeri 1 Kampung Dalam, (3) hubungan antara regulasi diri dengan perencanaan karir peserta didik di SMA Negeri 1 Kampung Dalam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis data korelasional. Sampel diambil dengan proportional stratified random sampling sebanyak 71 orang peserta didik dari populasi kelas X dan XI IPS di SMA Negeri Kampung Dalam yang berjumlah 247 orang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil bahwa (1)peserta didik sudah memiliki regulasi diri yang baik, (2) peserta didik sudah merencanakan karirnya secara baik, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara regulasi diri dengan perencanaan karir peserta didik kelas X dan XI di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada kepala sekolah dan guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri1 V Koto Kampung Dalam agar dapat meningkatkan regulasi diri peserta didik dan perencanaan karir, serta kepada peneliti selanjutnya dapat meneliti tentang pengaruh regulasi diri terhadap perencanaan karir.