Daftar Isi:
  • Umpan balik lisan merupakan umpan balik yang diberikan oleh guru secara langsung dalam pembelajaran bahasa Inggris. Pemberian umpan balik secara lisan kepada siswa bertujuan untuk memperbaiki kesalahan siswa dan memotivasi siswa untuk memperbaiki kesalahannya sehingga mereka bisa menampilkan yang terbaik di penampilan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tipe umpan balik secara lisan yang diberikan oleh guru bahasa Inggris. Partisipan penelitian ini adalah guru kelas sepuluh di SMA PGRI 1 Padang. Guru bahasa Inggris kelas sepuluh di sekolah ini ada satu orang. Dalam mengumpulkan data peneliti melakukan observasi. Observasi dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan video, observation checklist, and field notes. Peneliti meneliti dua kelas yaitu kelas X1 dan X2. Peneliti melakukan penelitian selama tiga kali pertemuan dalam satu kelas. Setelah menganalisis data, dari enam tipe umpan balik yang bisa diberikan oleh guru, terdapat satu tipe yang digunakan oleh guru kelas sepuluh SMA PGRI 1 Padang. Tipe tersebut adalah recast dan repetition. Recast adalah umpan balik yang diberikan oleh guru dengan memperbaiki kesalahan siswa secara langsung dengan memberikan contoh yang benar tanpa memberi tahu terlebih dahulu bahwa siswa telah mengucapkan kesalahan dalam pengucapannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru bahasa Inggris kelas sepuluh SMA PGRI 1 Padang menggunakan satu dari enam tipe umpan balik yang bisa diberikan guru secara lisan dalam memperbaiki penampilan bercakap siswa.