Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui bagaimana kemampuan berbicara siswa bahasa inggris ketika presentasi, pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP PGRI Sumatera Barat ketika sedang mempresentasikan proposal skripsi di Seminar Proposal. Adapun jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah basic interpretive / qualitative yang termasuk ke dalam ranah penelitian kualitatif. Jenis dan pendekatan penelitian ini digunakan untuk menganalisa dan mengidentifikasi suatu fenomena, yaitu bagaimana penampilan siswa bahasa inggris ketika melakukan presentasi. Di samping itu, penelitian ini ditujukan kepada enam orang mahasiswa yang mempresentasikan pada Seminar Proposal di dasarkan pada purposive sampling, yang mana partisipan dari penelitian diambil berdasarkan kebutuhan indikator yang dimiliki oleh peneliti. Selanjutnya, pada proses pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa alat penelitian, atau instrumen, yaitu : perekam video, observasi checklist, dan catatan lapangan. Adapun perekam video, observasi checklist digunakan untuk melihat bagaimana penampilan berbicara siswa bahasa inggris ketika presentasi selama seminar proposal. Di samping itu, peneliti juga menggunakan catatan lapangan guna menguatkan data yang telah di dapatkan. Dengan demikian, peneliti mendapatkan hasil penelitian sebagai berikut : (1) penampilan berbicara ketika presentasi selama seminar proposal adalah personal appearance ditemukan bahwa empat dari enam siswa mencoba untuk membuat kesan pertama pada audience. Bodily action ditemukan bahwa dua dari enam siswa tampak tenang dan nyaman. Gesture, ditemukan bahwa tiga dari enam siswa mencoba menggerakan tubuh dengan nyaman. Dan eye contact, ditemukan bahwa dua dari enam siswa mencoba menjalin eye contact dengan audience.