Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan instrumental orang tua yang bekerja di tambang emas kepada anak dalam belajar Bahasa Inggris di SMPN II Solok Selatan. Dukungan tersebut mencangkup dukungan menyediakan bantuan, uang, penugasan, medmodifikasi lingkungan untuk belajar, dan meluangkan waktu untuk mendukung perkembangan anak dalam belajar bahasa inggris. Pelaksanaan penelitian ini menemukan beberapa aspek dukungan instrumental dari orang tua yang bekerja di tambang emas kepada anak dalam belajar bahasa inggris. penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Case Study. Participant dalam penelitian ini adalah orangtua dari siswa kelas dua yang bekerja di tambang emas di SMPN 11 Solok Selatan. Dalam pengambilan sample peneliti menggunakan Purposive sampling dan criterion sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan wawancara yang dilakukan secara individual terhadap participant yang telah ditetapkan. Dari hasil analisa data, money, assignment, modifying the environment, and taking the time merupakan dukungan instrumental orangtua yang bekerja di tambang emas yang diberikan kepada anak dalam belajar bahsa inggris. Hasil analisa data menunjukkan bahwa dukungan instrumental orang tua yang bekerja di tambang emas melalui uang(money) membuat anak sukses dalam belajar bahasa inggris di SMPN II Solok Selatan.