Profil Disiplin Peserta Didik dalam Belajar di SMP N 1 Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Susri Ega, Musfita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4195/2/12060098%20-%20SUSRI%20EGA%20MUSFITA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4195/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4195/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4195/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4195/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang melanggar aturan yang ada di dalam kelas, dan juga belum mencerminkan sebagaimana seorang peserta didik yang semestinya bersikap dan bertindak dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: Profil disiplin peserta didik dalam belajar dengan subvariabel yaitu: 1) Profil Disiplin Peserta Didik dalam Belajar dilihat dari waktu belajar. 2) ) Profil Disiplin Peserta Didik dalam Belajar dilihat dari tempat belajar. 3) ) Profil Disiplin Peserta Didik dalam Belajar dilihat dari norma dan peraturan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik berjumlah 264 peserta didik. Untuk penarikan sampel digunakan teknik Proportional Random Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 73 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk analisa data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Profil Disiplin Peserta Didik dalam Belajar dilihat dari waktu belajar berada pada kategori baik. 2) ) Profil Disiplin Peserta Didik dalam Belajar dilihat dari tempat belajar berada pada kategori cukup baik. 3) ) Profil Disiplin Peserta Didik dalam Belajar dilihat dari norma dan peraturan berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik hendaknya memiliki disiplin dalam belajar yang kuat dan mantap untuk mengatur sikap dan perilaku dari sekarang, agar nantinya peserta didik bisa mengatur kegiatan dalam melakukan suatu aktivitas apapun dengan mengikutsertakan waktu, tempat dan norma dan peraturan.