Persepsi Peserta Didik tentang Layanan Informasi dalam Meningkatkan Perencanaan Karir di Kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Windu, Ardiko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4188/1/12060032%20-%20WINDU%20ARDIKO%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4188/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4188/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4188/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4188/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang belum mampu meningkatkan perencanaan karir dan memilih karir yang akan dipilihnya.Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) Perencanaan layanan informasi dalam perencanaan karir peserta didik, 2) pelaksanaan layanan informasi dalam perencanaan karir peserta didik, dan 3) evaluasi pelaksanaan layanan informasai dalam perencanaan karir peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi semua peserta didik kelas XI yang berjumlah 320 peserta didik di Kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Sampel berjumlah 77 peserta didik. Teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel adalah random sampling yaitu sampel diambil dengan cara undian dan lotre. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan data di olah dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: Secara umum persepsi peserta didik tentang layanan informasi dalam meningkatkan perencanaan karir di kelas X1 berada pada kategori sangat baik. Dilihat dari masing-masing variabel: 1) Perencanaan layanan informasi dalam perencanaan karir peserta didik pada kategori baik. 2) Pelaksanaan layanan informasi dalam perencanaan karir peserta didik pada kategori sangat baik. 3) Evaluasi pelaksanaan layanan informasi dalam perencanaan karir peserta didik berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan temuan penelitian ini penulis merekomendasikan kepada peserta didik untuk dapat lebih meningkatkan kemampuan perencanaan karirnya.