Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang peneliti temukan dilapangan adalah adanya peserta didik mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri pada perubahan fisik di SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman baik perubahan fisik tentang ciri-ciri seks primer maupun perubahan fisik tentang ciri-ciri seks sekunder. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) Profil penyesuaian diri pada perubahan fisik peserta didik tentang ciri-ciri seks primer laki-laki dan perempuan, 2) Profil penyesuaian diri pada perubahan fisik peserta didik tentang ciri-ciri seks sekunder laki-laki dan perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 120 orang, untuk pengambilan sampelnya digunakan teknik simple random sampling. Terpilihlah populasi 2 kelas yaitu kelas VIII.1 dan kelas VIII.3 yang berjumlah 59 orang yaitu 28 orang laki-laki dan 31 orang perempuan. Alat pengumpul data dalam penelitian ini yaitu berupa angket sedangkan untuk melaksanakan analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan profil penyesuaian diri pada perubahan fisik peserta didik kelas VIII. Dilihat dari masing-masing variabel: 1) Profil penyesuaian diri pada perubahan fisik peserta didik tentang ciri-ciri seks primer berada pada kriteria kurang baik, 2) Profil penyesuaian diri pada perubahan fisik peserta didik tentang ciri-ciri seks sekunder berada pada kriteria kurang baik. Berdasarkan temuan penelitian ini peneliti merekomendasikan kepada peserta didik agar menambah wawasan mengenai penyesuaian diri pada perubahan fisik yang dialami baik perubahan fisik tentang ciri-ciri seks primer maupun perubahan fisik tentang ciri-ciri seks sekunder