Profil Penyesuaian Diri Peserta Didik dalam Belajar di SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan
Main Author: | Chantika, Ivonne |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4184/3/11060299%20CHANTIKA%20IVONNE%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4184/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4184/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4184/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4184/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penyesuaian diri peserta didik dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Profil penyesuaian diri peserta didik dilihat dari aspek fisiologis 2) Profil penyesuaian diri peserta didik dilihat dari aspek psikologis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMP Negeri 2 Tarusan sebanyak 373 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 79 peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui angket. Data diolah menggunakan klasifikasi persentase dengan menggunakan bantuan program microsoft excel Hasil penelitian menunjukkan bahwa: profil penyesuaian diri peserta didik dalam belajar di SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan berada pada kategori cukup baik yang artinya peserta didik memiliki penyesuaian diri saat belajar yang cukup baik, profil penyesuaian diri peserta didik dalam belajar di SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan dilihat dari aspek fisiologis berdasarkan kriteria pengelompokan data deskriptif hasil penelitian berada pada kategori baik yang artinya penyesuaian diri peserta didik baik dari aspek fisiologis, dan profil penyesuaian diri peserta didik dalam belajar di SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan dilihat dari aspek psikologis berdasarkan kriteria pengelompokan data deskriptif hasil penelitian berada pada kategori baik yang artinya penyesuaian diri peserta didik baik dari aspek psikologis. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar dapat menyesuaiakan diri dalam belajar dan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik itu, dan kepada guru mata pelajaran agar dapat lebih memperhatikan peserta didik saat proses belajar agar dapat menyesuaiakan diri dengan baik.