Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis gejala serta faktor penyebab kecemasan berbahasa Inggris sebagai Bahasa Asing yang dialamai oleh mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam Seminar Proposal Penelitian di STKIP PGRI Sumatera Barat. Adapun jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian kualitatif dasar yang termasuk ke dalam ranah penelitian kualitatif. Di samping itu, penelitian ini ditujukan kepada delapan mahasiswa yang mempresentasikan proposal pada Seminar Proposal berdasarkan pada purposive sampling, yang mana partisipan dari penelitian diambil berdasarkan kebutuhan indikator yang dimiliki oleh peneliti. Selanjutnya, pada proses pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa alat penelitian, atau instrumen, yaitu : perekam video / audio, daftar tilik observasi, petunjuk wawancara, dan catatan lapangan. Adapun perekam video, daftar tilik observasi, dan catatan lapangan digunakan untuk melihat gejala dan kecemasan berbahasa asing; sedangkan panduan wawancara, dan perekam suara digunakan untuk mengambil data tentang faktor penyebab dari kecemasan berbahasa asing pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris selama seminar proposal. Di samping itu, peneliti juga menggunakan catatan lapangan guna menguatkan data yang telah di dapatkan. Dengan demikian, peneliti mendapatkan hasil penelitian yang relevan dengan teori beberapa ahli seperti Arnold (2005 : 66), Howritz, Young, Hashim, dan Palacious; sebagai berikut : (1) tanda atau gelaja dari kecemasan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa asing selama seminar proposal adalah penghindaran umum, gerak tubuh, dan gejala berbasis kebiasaan; (2) faktor – faktor penyebab dari kecemasan tersebut ialah kekhawatiran berkomunikasi, kecemasan menghadapi ujian, ketakutan terhadap penilaian yang tidak baik, karakteristik dosen penanggap atau penguji, dan faktor – faktor psikologis lainnya.