An Analysis of Student’s of speaking at English Department of STKIP PGRI West Sumatera in 2015/2016 Academic Year
Main Author: | Anisyah, Anisyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4167/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4167/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4167/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4167/4/11040365%20ANISYAH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4167/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kecemasan siswa di kelas speaking dan strategi apa yang siswa gunakan untuk mengantisipasi kecemasan berbicara bahasa Inggris di dikelas speaking. Peneliti tertarik untuk menganalisa penyebab siswa cemas ketika berbicara bahasa Inggris di kelas speaking dan bagaimana cara siswa mengatasi kecemasan mereka saat harus berbicara bahasa inggris. Berdasarkan sumbersumber dari kecemasan, peneliti akan mengetahui apa saja yang menyebabkan siswa cemas berbicara bahasa Inggris dan strategi apa yang siswa gunakan untuk menguangi kecemasan mereka dalam berbicara bahasa Inggris. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Yahya (2013) tentang penyebab kecemasan siswa dan cara yang digunakan siswa untuk mengurangi kecemasan nya berdasarkan hasil dari pernyataan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian qualitative. Partisipan dari penelitian ini adalah mahasiswa STKIP PGRI Padang. Sampel yang digunakan dalam pengambilan data adalah Mahasiswa STKIP PGRI Padang semester dua tahun ajaran 2015-2016 sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti memberikan questionnaire yang berbentuk open-ended dan interview pada participant. hasil dari penelitian menyatakan bahwa penyebab siswa cemas berbicara bahasa Inggris disebab kan oleh 3 sumber kecemasan berbicara, yaitu comprehension apprehension, fear negative evaluation, dan test anxiety. Cara siswa untuk mengantisipasi kecemasan dalam berbicara bahasa Inggris di kelas menggunakan cara; membangun rasa percaya diri,mencoba mengatakan apa yang datang pada pikirannya, tetap mencoba mengatakan dan tenang, mencoba tersenyum untuk membuat mereka lebih nyaman ketika berbicara bahasa Inggris, percaya pada diri sendiri bahwa mereka dapat yakin melakukannya dan menghilangkan ketakutan, menghafalkan kosakata untuk persiapan berbicara, berbicara pada diri sendiri dirumah sebagai latihan, mencoba mendengarkan dan tetap tenang ketika dosen menjelaskan materi, dan menyiapkan sebaik mungkin apa yang akan dikatakan.