Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggambarkan tentang interaksi kelas dalam proses belajar dan mengajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Responden penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dan siswa kelas satu SMP N 27 Padang T.A 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah analisa karakteristik interaksi kelas berdasarkan hasil observasi, video recording, field note dan interview. Hasil penelitian ini adalah interaksi kelas pada guru bahasa Inggris dan siswa kelas satu SMP N 27 Padang T.A 2015/2016 adalah cukup bagus karena ada karakteristik interaksi kelas dalam proses belajar dan mengajar yang ditemukan. Karakteristik interaksi kelas tersebut adalah hubungan guru dan murid, hubungan murid dan murid, partisipasi siswa dalam belajar bahasa Inggris, aktifitas kelas yang kreatif, ukuran kelas, susasana kelas, fasilitas, dan sumber pembelajaran yang bervariasi, berbagi ilmu antara guru dan murid, berbagi kebebasan dalam pembelajaran antara guru dan murid, guru sebagai alat, dan latar belakang siswa yang berbeda-beda.