Pengembangan Media Interaktif Berbasis Karakter Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk SMA

Main Authors: Yanti, Febri, Yasmi, Fifi, Jaenam, Jaenam
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Pelangi , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4131/1/Jurnal%20Pelangi.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4131/
Daftar Isi:
  • Guru masih sedikit menggunakan strategi pada proses pembelajaran. Pada umumnya, guru lebih sering mengajar dengan mempresentasikan materi menggunakan media pada proses pembelajaran tanpa mempertimbangkan penilaian karakter. Penggunaan media pada pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, ketertarikan dan motivasi belajar. Keuntungan media pembelajaran interaktif adalah dapat memotivasi siswa agar belajar sendiri, kreatif, efektif dan efisien. Media ini bertujuan untuk digunakan oleh guru biologi pada beberapa sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model dan prosedur pengembangan menggunakan 4-D (four-D-model), terdiri dari define, design, develop dan dessiminate. Tahapan dessiminate tidak dilakukan. Data dikumpulkan dengan melakukan validasi dan uji coba media. Media divalidasi oleh dosen ahli biologi Indonesia dan guru biologi SMA. Uji coba dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA 2 Padang untuk menilai praktikalitas media interaktif. Hasil validasi yang dilakukan oleh 3 orang validator memperlihatkan bahwa media interaktif ini sangat valid dengan nilai 90,69%. Hasil praktikalitas 3 orang guru biologi dan siswa sekolah memperlihatkan bahwa media interaktif ini sangat praktis dengan tingkat kepraktisan 90,55% dan 86,07%. Dari hasil kedua kriteria penilaian ini dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan bermanfaat pada proses pembelajaran, baik untuk guru maupun untuk siswa