Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data, informasi dan gambaran mengenai persepsi masyarakat tentang implikasi kebijakan relokasi pedagang kaki lima di objek wisata Pantai Purus Padang dilihat dari: 1) penertiban pedagang kaki lima di objek wisata Pantai Purus Padang, 2) kebijakan relokasi pedagang kaki lima di objek wisata Pantai Purus Padang dan 3) pembangunan lapau panjang cimpago di objek wisata Pantai Purus Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini pedagang kaki lima yang direlokasi dan masyarakat yang tinggal di sekitar tempat direlokasinya pedagang kaki lima yaitu kepala keluarga (KK) yang berjumlah 328 kepala keluarga. Sampel penelitian ini diambil dengan metode proposional random sampling dengan proporsi 30% sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 KK. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) persepsi masyarakat tentang penertiban pedagang kaki lima di objek wisata Pantai Purus Padang baik dengan persentase 79,54 %, 2) persepsi masyarakat tentang implikasi kebijakan relokasi pedagang kaki lima di objek wisata Pantai Purus Padang termasuk baik dengan persentase 73,20 % dan 3) persepsi masyarakat tentang pembangunan lapau panjang cimpago termasuk baik dengan persentase 64,88 %.