Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data, mengolah,menganalisis dan membahas tentang Motivasi Siswa dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 3 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat dilihat dari: 1) Intrinsik, 2) Ekstrinsik. Jenis penelitian ini tergolong pada penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah Siswa Kelas VIII SMPN 3 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat.Sampel responden menggunakan teknik Total sampling dengan sampel berjumlah 70 Siswa yang berada di Kelas VIII SMPN 3 Lembah Melintang. Teknik analisa data menggunakan analisis dengan rumus persentase dan selanjutnya menggunakan skala likers. Teknik penggumpulan data dengan menggunakan angket.atau instrument. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Motivasi Siswa dari Instrinsik dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 3 dengan skor rata-rata dengan tingkat pencapaian responden yang berada pada kriteria cukup baik, hasil ini adalah: karena gurunya kurang memperhatikan siswa dalam proses mengajar. Seharusnya guru harus memperhatikan keaktifan siswa karena itu sudah menjadi kewajiban guru untuk memperhatikan siswa dan menyemangatinya, oleh karena itu seorang gurulah yang harus menuntun siswa agar termotivasi belajar dalam proses belajar mengajar. 2) Motivasi Siswa dari Ekstrinsik dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 3 dengan skor rata-rata tingkat pencapaian responden yang berada pada kriteria cukup baik, karena gurunya kurang memperhatikan siswa dalam proses belajar mengajar. Seharusnya guru harus lebih memperhatikan keaktifan siswa karena itu sudah menjadi kewajiban gurulah yang menuntun siswa agar semakin termotivasi dalam belajar yang diajarkan guru tersebut. lingkungan dan keluarga juga sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, sehingga hasil belajar tidak memuaskan.